Samsung I8262 Galaxy Core
Desain 
Samsung Mobile terbilang sangat progresif untuk urusan peluncuran produk, terutama di keluarga Galaxy. Nampaknya vendor asal Korea Selatan ini berusana ‘menutup rapat’ celah pilihan di segmen kelas smartphone Android. Setelah menghadirkan Android kelas menengah atas di seri Galaxy Mega dan Galaxy Grand. Samsung Mobile Indonesia merilis lagi yang namanya Galaxy Core yang di identifikasi dengan kode I8262. 
Galaxy Core sejatinya ditawarkan dalam dua versi, single SIM (I8260) dan dual SIM (I8262), dan kebetulan yang masuk pasar Indonesia adalah versi I8262 Galaxy Core Duos. Dari sisi tampilan, baik depan dan belakang, rasanya sulit untuk membedakannya dengan seri-seri Galaxy sebelumnya, Samsung memang sengaja menciptakan perbedaan yang minim antar varian Galaxy. Body Galaxy Core dibalut material plastik glossy yang elegan. Untuk pilihan warna, ada dua yang ditawarkan, yaitu Metallic Blue dan Chic White. 
Samsung Galaxy Core punya dimensi 129,3 x 67,6 x 9 mm dan berat 124 gram. Sebagai smartphone dual on GSM-GSM, Galaxy Core tidak mengusung desain unibody. Tampilan layarnya didukung teknologi TFT Capacitive 16 juta warna. Bentang ukuran layarnya 4.3 inchi dengan resolusi 480×800 pixels. Untuk kualitas layar, bisa dilihat dari kepadatan pixelnya yang terbilanbg tinggi, yakni 217 ppi (pixel per inch). Kabar baik, bahwa layarnya telah diberi lapisan anti gores dari Corning Gorilla Glass.
Ibarat tak kenal tak sayang, lebih dalam mari kita telusiri lekuk instrumen pada body. Tepat diatas layar seperti biasa ada lubang earpiece, lensa kamera sekunder, dan sensor proximity. Sementara dibawah layar, yang juga merupakan ciri khas Samsung, terdapat tombol home yang diapit dua touchpad untuk fungsi back dan fungsi recent menu. 
Audio jack 3,5mm posisi ada di bagian atas body (top view), sedangkan pada bagian bawah (bottom) terdapat microUSB port dan lubang mikrofon. Tombol pengatur volume ada di sisi kanan body, sementara pada sisi kiri body ada tombol on/off yang juga berperan sebagai pengunci layar. 
Giliran menengok ke bagian belakang (back cover), dalam satu baris terdapat lubang speaker, lensa kamera utama, dan flash light. Membuka tutup back cover, untuk slot micro SIM card 1 posisinya tertahan body baterai, sementata slot micro SIM card 2 posisinya terpisah, sehingga bisa disebut slot micro SIM card 2 sudah hotswap. Begitu juga dengan slot microSD, posisinya tidak terganggu body baterai, jadi juga sudah hotswap.
Catatan
Antara slot micro SIM cards 1 dan slot microSD posisinya berada dalam satu dek ‘bertingkat.’ Dimana slot microSD berada di bagian atas (hotswap).
Fitur
Message penting dari fitur yang ditawarkan adalah kemampuan dual on GSM-GSM. Dimana kedua slot punya kemampuan untuk menjalankan koneksi 3G secara bergantian, dipilih dari menu SIM card manager. Selain GPRS/EDGE, dukungan koneksi internet 3G mencapai level HSDPA 7,2 Mbps dan HSUPA 5,6 Mbps. Untuk pengaturan penggunaan kartu SIM card untuk data, dapat diatur lewat menu SIM card manager. Sementara untuk koneksi WiFi sudah mengusung standar b/g/n dengan kemampuan WiFi hotspot dan WiFi direct. 
Dalam hal imaging, Samsung Galaxy Core mengusung kamera utama dengan resolusi 5 megapixels (2592×1944 pixels) dan kamera sekunder dengan resolusi VGA (640×480 pixels). Kamera sudah dilengkapai standar menu pendukung terdepan, seperti auto focus, touch focus, macro mode, flash light, multishot, white balance, ISO, panorama, night mode, smile shot, self timer, effect, dan foto editor. Sementara itu rekam video, resolusinya hanya sebatas di VGA (640×480 pixels) pada kecepatan 30 fps. Untuk rekam video, durasi dapat diatur berdasarkan panjang kapasitas memori dan limit ukuran MMS (multimedia message).
Untuk urusan musik, pemutar musik yang dibenamkan telah dibekali music square, sound effect, equalizer, shuffle, dan playlist. Melengkapi musik, fitur FM radio juga ada dengan kelengkapan menu auto search dan rekam siaran langsung. 
Sebagai vendor terdepan di kelas Android, Samsung juga menghadirkan sentuhan khusus untuk fitur yang ditawarkan. Contohnya ada S Voice, yaitu semacam voice command untuk membuka pemutar musik, membuka kalkulator, dan lain-lain. 
Secara hardware, Samsung Galaxy Core telah dibekali sensor akselerometer, proximity, dan compass. Dan beragam sensor tadi dipadukan oleh Samsung dengan menghadirkan fitur smart stay, smart alert, dan motion UX. Smart Stay menjadikan layar tidak akan redup selama mata Anda memandang layar, sementara motion UX adalah kemampuan ponsel untuk melakukan beragam udpate menu yang didasarkan oleh gerakan tangan (shake). 
Dalam paket jualnya, Samsung Galaxy Core telah dibenamkan beberapa aplikasi, diantaranya aplikasi ChatON, GameHub, dan Samsung App Store. Untuk browsing, ada dua browser yang sudah pre embedd, yakni Android browser dan Chrome browser. Dalam uji coba, kedua browser dapat menjalankan moda pinch zoom secara baik. 
Catatan
Sedikit disayangkan, resolusi rekam videonya terbilang minim.
Kinerja
Samsung Galaxy Core berjalan di platform Android 4.1.2 Jelly Bean. Untuk kinerja antamukanya pun bisa ditebak seperti apa, tidak beda dengan generasi Android Jelly Bean keluaran Samsung sebelumnya. Galaxy Core ditawarkan dengan dapur pacu prosesor dual core 1.2Ghz. Prosesornya sendiri mengusung jenis Snapdragon MSM8225 S4 Play buatan Qualcomm. Sementara untuk kemampuan layar dipasok GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 203. 
Kinerja smartphone yang baik juga dipengaruhi oleh kapasitas RAM (random access memory), dan di Galaxy Core mengusung RAM 1GB dipadukan memori internal 8GB. Kapasitas memori eksternal pun sudah lebih maju, dengan maksimum dapat membaca microSD hingga 64GB. Secara keseluruhan, smartphone dengan harga bandrol Rp2.599.000 punya kinerja yang memuaskan. 
Samsung Galaxy Core ditenagai baterai Lithium ion dengan kapasitas 1.800 mAh. Dari kapasitas tersebut dapat dicapai waktu siaga hingga 500 jam dan waktu bicara hingga 14 jam dalam moda 2G. Sementara dalam moda 3G, waktu bicara bisa hingga 9 jam dan waktu siaga sampai 300 jam. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *